Pelaksanaan lokakarya 4 Calon Guru Penggerak Angkatan 10
untuk wilayah Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung yang dilaksanakan oleh
Balai Guru Penggerak Lampung secara tatap muka di dua tempat, yaitu di UPTD SMPN
1 Kibang (wilayah barat) dan SMP Islam YPI 3 Way Jepara (wilayah timur) pada
hari Sabtu 24 Agustus 2024, yang dihadiri oleh seluruh Calon Guru Penggerak
Angkatan 10. Saya melaksanakan Lokakarya 4 ini di wilayah timur, yakni di SMP
Islam YPI 3 Way Jepara.
Dalam pelaksanaan lokakarya 4, terdapat beberapa hal yang menjadi catatan hasil kegiatan, diantaranya adalah :
1. Peserta
Setelah
kelas dibagi maka saya (Aan Sulistiawan) bersama Ibu Tuti Eka Wahyuni dan Ibu
Devi Kusuma Wardani bertugas memandu jalannya proses pembelajaran lokakarya 4
dan membersamai 15 orang CGP. Adapun CGP
tersebut adalah :
No. |
Calon Guru Penggerak |
Pengajar Praktik |
1. |
Agung Alrizky Andreawan |
Aan Sulistiawan |
2. |
Ahmad Suhaimi |
|
3. |
Nur Lestari Ningsih |
|
4. |
Siti Sukamti |
|
5. |
Yesi Suryanti |
|
6. |
Titin Haryani |
Tuti Eka Wahyuni |
7. |
Dwi Novi Anjarsari |
|
8. |
Nur Asih |
|
9. |
Wita Nurmayasari |
|
10. |
Makmurudin |
|
11. |
Antonio |
Devi Kusuma Wardani |
12. |
Nur Wakid |
|
13. |
Cici Ayu Wijayanti |
|
14. |
Eni Muslikah |
|
15 |
Maimanah |
2. Aktivitas Pembelajaran
Proses pelaksanaan kegiatan lokakarya 4 yaitu
dengan pembelajaran dikelas masing-masing sesuai pembagian kelas, dan saya
berada di ruang 4 bersama dengan Ibu Devi Kusuma Wardani dan Ibu Tuti Eka Wahyuni,
kami memandu jalannya kegiatan lokakarya 4 dengan membagi tugas dan peran saat memfasilitasi CGP, kami menyelesaikan
kegiatan dengan berkolaborasi secara aktif dan berganti peran menjadi narasumber menyampaikan materi berdasarkan
urutan agenda lokakarya 4 yaitu :
a. Pembukaan (ice breaking)
b. Reviu materi dan refleksi pengalaman coaching
c. Praktik Coaching
d. Umpan balik praktik coaching
e. Praktik rangkaian supervisi akademik dengan pola pikir coaching
f. Penutup
Proses pembelajaran dimulai dari pagi pukul 07.30
WIB s.d. 15.00 WIB. Pembelajaran di kelas terlihat peserta sangat aktif dalam
memberi tanggapan dan bertanya terkait hal-hal yang belum dipahami .
Alhamdulillah selama proses pembelajaran, semua agenda/menu belajar dapat diselesaikan/disajikan dengan baik dalam aktivitas pembelajaran.
3. Produk yang dihasilkan
Pelaksanaan kegiatan lokakarya 4,
menghasilkan beberapa produk diantaranya adalah :
· Hasil identifikasi kekuatan, area pengembangan dan umpan balik guru/rekan sejawat
· Rencana perbaikan dan strategi pengembangan proses pembelajaran yang berpihak pada murid
· Hasil refleksi dari setiap sesi pembelajaran lokakarya 4
4.
Ketercapain Tujuan Belajar
Pembelajaran lokakarya 4, dapat dikatakan
berhasil karena telah mencapai tujuan belajar yakni :
a) Calon guru penggerak mampu menunjuukkan kemampuam coaching yang dimilikinya
b) Calon guru penggerak mampu mengidentifikasi kekuatan, area pengembangan dan menyusun rencana perbaikan dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid
c) Calon guru penggerak mampu menunujukkan kemampuan melakukan rangkaian supervise akademik dengan menggunakan pola piker coaching
5.
Kesimpulan dan Refleksi
Pembelajaran
a. Kesimpulan
Lokakarya 4 telah menambah pemahaman dan pencerahan CGP terkait modul-modul yang telah dipelajari terutama mengenai konsep dan praktik coaching sehingga CGP dapat menggali serta menemukan area pengembangan dan perbaikan diri. Selain itu CGP dapat merefleksikan setiap tahapan pembelajaran lokakarya 4
b. Refleksi Pembelajaran
Pembelajaran yang didapatkan dari lokakrya 4 dari awal hingga akhir telah memberi pencerahan kepada CGP dan menjadi bekal untuk dapat diimplementasikan di sekolah khususnya di kelas saat proses pembelajaran.
CGP merasa bersyukur dan senang karena mendapatkan pemahaman dan berkesempatan mempraktikkan coaching bersama CGP lainnya dengan saling bertukar peran