Poster Digital
PENGERTIAN POSTER DIGITAL
Poster adalah suatu desain grafis yang di dalamnya terdapat gambar dan kata-kata pada kertas (kanvas) yang berukuran besar, isinya memuat tentang informasi dan ditempel di tempat- tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan. Simak penjelasan tentang poster selengkapnya di bawah ini!
Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain. Poster digital adalah suatu desain grafis yang di dalamnya terdapat gambar dan kata-kata, isinya memuat tentang informasi dan dibagikan di berbagai media sosial serta melalui website agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang.
Poster digital adalah poster yang dibuat oleh program desain grafis seperti Canva atau desain konvensional yang difoto atau dipindai (scan) sehingga menjadi dokumen digital. Keberadaan poster digital, kini menjadi perbincangan hangat di kalangan desain. Untuk lebih mudahnya inilah perbedaan antara poster konvensional dengan digital:
- Anda bisa menerapkan efek bergerak animasi dan audio pada poster digital untuk hasil yang lebih dinamis
- Poster digital dapat juga diunduh dalam format GIF dan MP4. Sebagai catatan, format MP4 bisa menampilkan audio, sedangkan GIF tidak
- Alih-alih dicetak, ia bisa disebarluaskan lewat internet.
Poster digital bisa disebarkan dan ditayangkan ke media sosial, WhatsApp, email, tablet hingga digital signage.
Kemudahan membuat poster digital, kini tersedia lewat platform desain Canva. Anda dapat mengeksplorasi poster dalam bentuk yang berbeda. Jangan terpatok pada konsep lama, bebaskan imajinasi liar Anda untuk hasil yang lebih optimal!
CIRI-CIRI POSTER DIGITAL
Menurut buku Membuat Poster Digital dengan Smartphone karya Estu Pitarto (2017:43), ciri-ciri poster adalah sebagai berikut.
- Dapat menarik perhatian orang yang melihatnya
- Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, serta mudah untuk dipahami
- Mengandung kalimat persuasif yang bersifat ajakan
- Menggunakan gambar, sketsa, atau dengan menggunakan perpaduan warna
- Dapat meninggalkan kesan meski hanya dilihat sekilas
- Isi yang tidak bertele-tele
- Dipasang di lokasi yang strategis atau tempat umum
- Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar, atau kombinasi keseluruhannya
- Didesain pada sebuah kertas atau kain
TUJUAN PEMBUATAN POSTER DIGITAL
Tujuan utama pembuatan poster yaitu untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada pembaca. Adapun tujuan lain dari pembuatan poster digital dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Menangkap perhatian pembaca serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.
- Menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi pembaca.
- Menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.
- Menyampaikan informasi atau pesan kepada pembaca.
- Mengingatkan kembali publik akan informasi atau pesan tertentu.
- Mempengaruhi publik supaya bertindak sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam poster.
UNSUR-UNSUR POSTER DIGITAL
Dalam poster termuat beberapa unsur yang perlu diperhatikan, seperti disebutkan di bawah ini.
1. Informasi yang ingin disampaikan.
Gambar yang digunakan dapat membuat tampilan poster menjadi lebih menarik dan mampu mendukung maksud pesan.
2. Kombinasi warna
Salah satu unsur paling penting pada saat desain poster adalah pemilihan warna dan kombinasi warna. Kombinasi warna poster yang berkualitas secara desain selalu memiliki kombinasi warna yang sangat selaras.
3. Penggunaan huruf dan angka yang menarik dengan ukuran serta model yang mudah dibaca
Saat mendesain sebuah poster, pertimbangkan jenis font yang digunakan. Apakah dengan font tersebut tulisan mudah dibaca ataukah tidak. Selain itu ukurannya juga harus diperhatikan. Apakah terlalu kecil atau justru kebesaran.
4. Sasaran serta tujuan yang jelas
Selalu pastikan desain poster yang dibuat disesuaikan dengan target audiens yang dituju serta tujuan poster yang jelas. Dengan demikian poster tersebut bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan daripada audiens.
5. Bahasa yang mudah dipahami dan kalimatnya ringkas
Maksudnya bahasa tulisan yang terdapat dalam poster harus jelas agar tidak terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman.
- Judul poster harus singkat, padat, dan jelas
- Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster.
- Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster.
- Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter.
- Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster.
- Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien.
- Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan.
- Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter.
- Gambar membuat poster menjadi lebih menarik.
- Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster.
- Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan judul poster.
- Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.
- Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber.
- Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet.
- Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster.
Merangkum dalam buku Tekun Berbahasa Indonesia untuk SMP, SMA dan Umum karangan Churin In Nabillah (2020: 147), berikut unsur-unsur dalam membuat poster yang dapat dijadikan sebagai pedoman.
- Menggunakan bahasa yang singkat dan padat;
- Menggunakan bahasa yang menarik;
- Menggunakan kalimat persuasif (ajakan);
- Pernyatannya berupa frasa, klausa, atau kalimat yang efektif, sugestif, dan komunikatif;
- Terdapat kata atau kalimat untuk menjelaskan informasi yang disampaikan;
- Gambar atau ilustrasi untuk menekankan informasi yang disampaikan;
- Tulisan dibuat berukuran besar dan mudah dilihat. Tulisan atau kalimat poster disesuaikan dengan gambar yang digunakan.
JENIS-JENIS POSTER DIGITAL
Jenis poster dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu poster berdasarkan isinya dan poster berdasarkan tujuannya. Agar lebih memahaminya, simak uraian lengkapnya berikut ini.
Jenis Poster Berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, poster dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
- Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa.
- Poster layanan masyarakat, yaitu poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Contohnya poster tentang bahaya merokok dan poster ajakan Keluarga Berencana.
- Poster kegiatan, yaitu poster yang bertujuan untuk memberitahukan tentang suatu acara yang akan diselenggarakan.
- Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya, poster ini berhubungan dengan dunia pendidikan yang terpasang di sekolah-sekolah.
- Poster seni budaya adalah poster yang berkaitan de- ngan ekspresi dan desain grafis.
Jenis Poster Berdasarkan Tujuan
Berdasarkan tujuannya, poster dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
- Poster komersial, yaitu poster untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat, sehingga mampu meningkatkan angka penjualan.
- Poster afirmasi, yaitu poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembacanya, misalnya poster tentang kiat-kiat mencapai kesuksesan.
- Poster buku atau komik, yaitu poster yang bertujuan untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku atau tempat lain yang menjualnya.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN POSTER DIGITAL
1. Kelebihan Poster Digital
- Hasil tampilan lebih menarik dengan menggunakan beragam aplikasi.
- Lebih ramah lingkungan karena berbentuk dokumen digital.
- Menghemat biaya percetakan hingga biaya ekspedisi.
- Dengan menggunakan konsep karousel atau slideshow poster bisa memuat lebih banyak informasi tanpa jadi terlalu ramai.
- Lebih efisien, kalau ada revisi bisa diedit dengan cepat.
- Jangkauan poster digital bisa lebih luas karena internet tidak mengenal batas. Fungsi dan pesan yang ingin di- sampaikan pun, mampu lebih hidup dan interaktif.
- Lebih fleksibel dan mudah ditempatkan di mana-mana.
- Menarik perhatian dengan perpaduan warna, teks serta gambar yang menarik.
- Bisa membantu pihak-pihak tertentu untuk menyampaikan pesan atau informasi.
2. Kekurangan Poster Digital
- Perlu mempelajari secara khusus software yang diguna- kan.
- Ketergantungan teknologi.
Sumber :
https://technojogja.com/membuat-poster-digital-dengan-canva/
https://www.canva.com/id_id/membuat/poster/
https://kumparan.com/berita-update/pengertian-ciri-ciri-dan-jenis-jenis-poster-lengkap-1wMTNhdullb/2
https://www.gramedia.com/best-seller/ciri-ciri-poster/
Join the conversation