Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Poster Digital

PENGERTIAN POSTER DIGITAL

Poster adalah suatu desain grafis  yang  di dalamnya terdapat gambar  dan   kata-kata  pada  kertas (kanvas)  yang berukuran  besar, isinya   memuat  tentang  informasi dan   ditempel  di  tempat- tempat umum  agar  dapat dilihat  atau  dibaca banyak  orang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan. Simak penjelasan tentang poster selengkapnya di bawah ini!

Poster sifatnya untuk  mencari perhatian banyak  orang, poster juga bisa  menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan,  seputar pendidikan dan  lain-lain. Poster digital  adalah suatu desain grafis  yang di dalamnya terdapat gambar dan kata-kata, isinya memuat tentang informasi dan  dibagikan  di berbagai media  sosial serta melalui  website agar  dapat dilihat atau  dibaca banyak  orang.

Poster digital adalah poster yang dibuat oleh program desain grafis seperti Canva atau desain konvensional yang difoto atau dipindai (scan) sehingga menjadi dokumen digital. Keberadaan poster digital, kini menjadi perbincangan hangat di kalangan desain. Untuk lebih mudahnya inilah perbedaan antara poster konvensional dengan digital:

  1. Anda bisa menerapkan efek bergerak animasi dan audio pada poster digital untuk hasil yang lebih dinamis
  2. Poster digital dapat juga diunduh dalam format GIF dan MP4. Sebagai catatan, format MP4 bisa menampilkan audio, sedangkan GIF tidak
  3. Alih-alih dicetak, ia bisa disebarluaskan lewat internet.

Poster digital bisa disebarkan dan ditayangkan ke media sosial, WhatsApp, email, tablet hingga digital signage.

Kemudahan membuat poster digital, kini tersedia lewat platform desain Canva. Anda dapat mengeksplorasi poster dalam bentuk yang berbeda. Jangan terpatok pada konsep lama, bebaskan imajinasi liar Anda untuk hasil yang lebih optimal!

CIRI-CIRI POSTER DIGITAL

Menurut buku Membuat Poster Digital dengan Smartphone karya Estu Pitarto (2017:43), ciri-ciri poster adalah sebagai berikut.

  1. Dapat menarik perhatian orang yang melihatnya
  2. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, serta mudah untuk dipahami
  3. Mengandung kalimat persuasif yang bersifat ajakan
  4. Menggunakan gambar, sketsa, atau dengan menggunakan perpaduan warna
  5. Dapat meninggalkan kesan meski hanya dilihat sekilas
  6. Isi yang tidak bertele-tele
  7. Dipasang di lokasi yang strategis atau tempat umum
  8. Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar, atau kombinasi keseluruhannya
  9. Didesain pada sebuah kertas atau kain

TUJUAN PEMBUATAN POSTER DIGITAL

Tujuan  utama pembuatan poster yaitu   untuk  menyampaikan suatu pesan atau  informasi kepada pembaca. Adapun  tujuan lain  dari  pembuatan poster digital  dapat  dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menangkap perhatian  pembaca  serta  menanamkan  ide yang berarti  dalam ingatannya.
  2. Menyampaikan hal-hal  khusus dan  mampu memengaruhi pembaca.
  3. Menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.
  4. Menyampaikan informasi atau  pesan kepada pembaca.
  5. Mengingatkan kembali  publik  akan  informasi  atau   pesan tertentu.
  6. Mempengaruhi  publik supaya bertindak sesuai  dengan isi pesan yang disampaikan dalam poster.

UNSUR-UNSUR POSTER DIGITAL

Dalam poster termuat beberapa unsur yang perlu diperhatikan, seperti disebutkan di bawah ini.

1.  Informasi yang ingin disampaikan.

Gambar yang digunakan dapat membuat tampilan poster menjadi lebih menarik dan mampu mendukung maksud pesan.

2.  Kombinasi  warna

Salah satu unsur paling  penting pada saat desain poster adalah pemilihan  warna  dan  kombinasi  warna. Kombinasi warna poster yang berkualitas secara desain selalu  memiliki kombinasi warna  yang sangat selaras.

3.  Penggunaan huruf dan angka  yang menarik  dengan ukuran serta model  yang mudah dibaca

Saat  mendesain sebuah  poster, pertimbangkan jenis  font yang  digunakan. Apakah  dengan font  tersebut tulisan  mudah  dibaca ataukah tidak.  Selain  itu ukurannya juga  harus diperhatikan. Apakah terlalu kecil atau  justru kebesaran.

4.  Sasaran serta tujuan yang jelas

Selalu  pastikan desain poster yang  dibuat  disesuaikan dengan  target audiens yang  dituju  serta tujuan  poster yang jelas. Dengan demikian poster tersebut bisa lebih meningkatkan peluang ketertarikan daripada audiens.

5.  Bahasa yang mudah dipahami dan kalimatnya ringkas

Maksudnya bahasa tulisan yang terdapat dalam poster harus jelas agar tidak terjadi miskomunikasi atau  kesalahpahaman.

Dikutip kembali dari Buku Tematik Kelas 6 Tema 6, berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.

1. Judul
  • Judul poster harus singkat, padat, dan jelas
  • Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster.
  • Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster.
  • Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter.
2. Informasi (Isi)
  • Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster.
  • Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien.
  • Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan.
  • Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter.
3. Gambar
  • Gambar membuat poster menjadi lebih menarik.
  • Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster.
  • Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan judul poster.
  • Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.
4. Sumber (Daftar Pustaka)
  • Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber.
  • Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet.
  • Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster.

Merangkum dalam buku Tekun Berbahasa Indonesia untuk SMP, SMA dan Umum karangan Churin In Nabillah (2020: 147), berikut unsur-unsur dalam membuat poster yang dapat dijadikan sebagai pedoman.

  1. Menggunakan bahasa yang singkat dan padat;
  2. Menggunakan bahasa yang menarik;
  3. Menggunakan kalimat persuasif (ajakan);
  4. Pernyatannya berupa frasa, klausa, atau kalimat yang efektif, sugestif, dan komunikatif;
  5. Terdapat kata atau kalimat untuk menjelaskan informasi yang disampaikan;
  6. Gambar atau ilustrasi untuk menekankan informasi yang disampaikan;
  7. Tulisan dibuat berukuran besar dan mudah dilihat. Tulisan atau kalimat poster disesuaikan dengan gambar yang digunakan.

JENIS-JENIS POSTER DIGITAL

Jenis poster dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu poster berdasarkan isinya dan poster berdasarkan tujuannya. Agar lebih memahaminya, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Berdasarkan isinya, poster dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

  • Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat, yaitu poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Contohnya poster tentang bahaya merokok dan poster ajakan Keluarga Berencana. 
  • Poster kegiatan, yaitu poster yang bertujuan untuk memberitahukan tentang suatu acara yang akan diselenggarakan.
  • Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya, poster ini berhubungan dengan dunia pendidikan yang terpasang di sekolah-sekolah.
  • Poster seni  budaya adalah poster  yang  berkaitan de- ngan ekspresi dan desain grafis.

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, poster dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  • Poster komersial, yaitu poster untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat, sehingga mampu meningkatkan angka penjualan.
  • Poster afirmasi, yaitu poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembacanya, misalnya poster tentang kiat-kiat mencapai kesuksesan. 
  • Poster buku atau komik, yaitu poster yang bertujuan untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku atau tempat lain yang menjualnya.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN POSTER DIGITAL

1.  Kelebihan Poster Digital

  1. Hasil tampilan lebih menarik  dengan menggunakan beragam aplikasi.
  2. Lebih ramah lingkungan karena berbentuk dokumen digital.
  3. Menghemat biaya percetakan hingga  biaya ekspedisi.
  4. Dengan  menggunakan konsep karousel atau  slideshow poster bisa  memuat lebih  banyak  informasi tanpa  jadi terlalu ramai.
  5. Lebih efisien, kalau ada  revisi bisa diedit dengan cepat.
  6. Jangkauan poster digital bisa lebih luas  karena internet tidak  mengenal batas. Fungsi  dan  pesan yang  ingin di- sampaikan pun, mampu lebih hidup dan interaktif.
  7. Lebih fleksibel dan mudah ditempatkan di mana-mana.
  8. Menarik  perhatian dengan perpaduan warna,  teks  serta gambar yang menarik.
  9. Bisa membantu pihak-pihak tertentu untuk  menyampaikan pesan atau  informasi.

2.  Kekurangan Poster Digital

  1. Perlu mempelajari secara khusus software yang diguna- kan.
  2. Ketergantungan teknologi.


Sumber :

https://technojogja.com/membuat-poster-digital-dengan-canva/

https://www.canva.com/id_id/membuat/poster/

https://kumparan.com/berita-update/pengertian-ciri-ciri-dan-jenis-jenis-poster-lengkap-1wMTNhdullb/2

https://www.gramedia.com/best-seller/ciri-ciri-poster/

Guru Matematika yang senang ngulik IT. Blog ini bertujuan untuk sharing.

AdBlock Terdeteksi 🚫

Mohon nonaktifkan AdBlock seperti uBlock Origin untuk melanjutkan. Popup ini akan hilang otomatis setelah dimatikan.