Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak


Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Aan Sulistiawan bertugas di UPTD SMPN 1 Melinting.

Calon guru penggerak angkatan 6 Kabupaten lampung timur.

Pada kesempatan ini Izinkan saya memaparkan tentang demonstrasi kontekstual modul 1.2. tentang nilai dan peran guru penggerak, serta gambaran diri saya di masa depan sebagai seorang guru penggerak.

Setelah mempelajari modul 1.2 ini saya memahami bahwa seorang guru penggerak harus memiliki lima nilai grup penggerak yaitu berpihak pada murid, Mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif.

Dengan kelima nilai tersebut saya ingin menggambarkan Seperti apa Saya di masa depan setelah menjadi guru penggerak.

yang pertama yaitu berpihak pada murid, sebagai seorang pendidik saya akan merancang dan menerapkan pembelajaran yang selalu mengutamakan kebutuhan perkembangan murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Karena saya hanya menjadi fasilitator, dan Murid memiliki kemerdekaan penuh dalam pembelajaran.

kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan adalah

yang pertama membuat kesepakatan kelas atau kontrak belajar mulai dari kesepakatan pelaksanaan pembelajaran hingga kesepakatan evaluasi dan penilaian

yang kedua merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan metode atau model pembelajaran yang bervariasi

yang ketiga membimbing siswa yang membutuhkan bantuan dalam memahami materi, dan

yang ketiga yaitu menjadi motivator bagi peserta didik


nilai yang kedua yaitu Mandiri sebagai seorang pendidik Saya memiliki motivasi yang tinggi dan senantiasa mendorong diri sendiri untuk bergerak melakukan Inovasi dan perubahan untuk sendiri khususnya dalam dunia pendidikan.

kegiatan yang sudah dan akan selalu saya lakukan adalah yang pertama selalu meng-upgrade diri dengan mengikuti komunitas praktisi dan berbagai pelatihan tanpa paksaan dari siapa pun, kemudian yang kedua membuat desain pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. dan

Yang ketiga membuat alat peraga atau media pembelajaran sendiri.

Nilai yang ketiga yaitu reflektif memiliki pola pikir yang terbuka dan selalu melakukan evaluasi diri terhadap sesuatu yang sudah baik dan mengetahui kompetensi Apa yang perlu saya kembangkan merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi tersebut menjadi panduan atau perbaikan dimasa depan.

kegiatan yang sudah dan akan selalu saya lakukan adalah yang pertama pada akhir pembelajaran selalu melakukan evaluasi umpan balik dan tindak lanjut,

kemudian menanyakan untuk pada peserta didik perasaan dan harapan kedepan setelah melakukan pembelajaran.

yang selanjutnya yaitu meminta kepala sekolah atau rekan sejawat untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan dan meminta saran untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.

yang keempat yaitu kolaboratif, sebagai seorang pendidik saya siap Membangun hubungan dan kerja sama yang baik dengan semua pihak seperti kepala sekolah rekan sejawat komite sekolah dan wali murid serta komunitas praktisi di lingkungan sekolah demi pengembangan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik.

adapun kegiatan yang sudah dan akan selalu saya lakukan adalah berdiskusi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik, berkolaborasi dengan murid dalam menyusun kesepakatan kelas, berkolaborasi dengan orang tua murid dalam proses pengawasan pembelajaran murid dan menjalin hubungan harmonis dengan semua unsur yang ada di sekolah.

nilai guru penggerak yang kelima yaitu inovatif, sebagai seorang pendidik saya akan selalu berinovasi dalam pembelajaran sesuai dengan kodrat jaman. Besar harapan bagi saya dengan nilai inovatif yang saya miliki dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan motivasi siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya secara maksimal.

kegiatan yang sudah dan akan selalu saya lakukan adalah mencoba menciptakan dan mengembangkan hal-hal baru, seperti membuat media pembelajaran yang interaktif, menerapkan pembelajaran berbasis permainan, dan merancang serta melaksanakan kegiatan berbagi setiap hari Jumat, demikian gambaran singkat demonstrasi konteksual modul 1.2 yang menggambarkan saya sebagai seorang guru penggerak di masa depan dengan cara merealisasikan kelima nilai guru penggerak.

wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh




1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2Assignment
Aan Sulistiawan File Size 6MB
Jika tidak terdownload otomatis silakan klik download Ulang. Dan jika link rusak silakan lapor melalui komentar dalam postingan blog ini.
Guru Matematika yang senang ngulik IT. Blog ini bertujuan untuk sharing.

AdBlock Terdeteksi 🚫

Mohon nonaktifkan AdBlock seperti uBlock Origin untuk melanjutkan. Popup ini akan hilang otomatis setelah dimatikan.