السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Hai Bapak Ibu guru hebat, terimakasih sudah mampir kembali di blog aans.my.id.
Sebelumnya perkenalkan nama saya Aan Sulistiawan, M.Pd calon guru penggerak angkatan 6 dari Kabupaten Lampung Timur.
Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang tugas 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3, yakni keterkaitan modul 1.3 "Visi Guru Penggerak".
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
Di tahap ini, Bapak/Ibu CGP diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:
Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!
Keterkaitan Antar Materi
Keterkaitan antar materi visi saya adalah
"Terwujudnya Peserta Didik yang Berprestasi dan Berprofil Pelajar Pancasila".
Disini terdapat kaitannya dengan filosofi Ki Hajar Dewantara, yaitu tujuan pendidikan, juga terkait dengan nilai dan peran guru penggerak, serta inquiry apresiatif dan tahapan BAGJA.
Pada pencapaian visi, supaya dapat mewujudkan peserta didik yang berprestasi dan berprofil pelajar Pancasila. Terdapat beberapa hal yang menjadi poin utama yang harus dilakukan guru penggerak. Diantaranya,
- Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid,
- kemudian sesuai dengan semboyan Ki Hajar Dewantara seorang guru harus dapat memberi tauladan, motivasi dan dorongan kepada muridnya, serta
- menanamkan karakter pelajar Pancasila, dan
- mewujudkan Merdeka belajar, yang memberi kebebasan kepada murid untuk mewujudkan pembelajaran yang bahagia, serta
- menerapkan inquiry apresiatif untuk melakukan perubahan
Tjuan Pendidikan
Usaha mencapai visi tersebut sangat berkaitan dengan filosofi Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa, tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat .
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Beberapa hal yang telah diuraikan pada usaha pencapaian visi diatas adalah usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut. Dimana Guru penggerak merupakan tokoh utama yang berperan dalam usaha pencapaian Visi dan tujuan pendidikan tersebut.
Karena guru penggerak memiliki nilai
- Mandiri
- Reflektif
- Kolaboratif
- Inovatif dan
- Berpihak pada murid.
Serta berperan dalam;
- Menjadi pemimpin perubahan
- Menjadi coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi
- Mewujudkan kepemimpinan murid, dan
- Menggerakkan komunitas praktisi
Inquiry Apresiatif
Kemudian langkah untuk dapat mewujudkan itu semua dilakukan pendekatan manajemen perubahan yang berbasis kekuatan. Langkah ini disebut inkuiri apresiatif. Inkuiri apresiatif merupakan sebuah filosofi, suatu landasan berpikir berfokus pada upaya kolaboratif menemukan hal positif dalam diri seseorang, suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik pada masa lalu, masa kini maupun masa depan.
Setelah penyusunan visi selesai, usaha pencapaian visi dilaksanakan berdasarkan rencana inquiry apresiatif dengan kanvas BAGJA. BAGJA merupakan adaptasi atau konsep kerangka berpikir inkuiri apresiatif yang digunakan dalam manajemen perubahan. Melalui pertanyaan-pertanyaan dalam tahapan BAGJA, Guru Penggerak diharapkan mampu mengejawantahkan pola pikir yang tepat, visi yang kuat, serta spirit yang membara. Tahapan BAGJA yaitu buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan rencana, serta atur eksekusi.
Implementasi perencanaan dilaksanakan dengan mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki. Mulai dari diri sendiri, murid, kepala sekolah, kekuatan masyarakat, teman sejawat, orang tua, tempat dan sarana prasarana.
Melalui tahapan BAGJA dapat dirumuskan pertanyaan serta tindakan yang perlu dilakukan dalam melakukan perubahan berdasarkan kekuatan demi pencapaian garis finish yaitu visi. Sehingga akhirnya pencapaian visi memberikan dampak nyata kepada murid, yaitu
- Berkembangnya potensi bakat, minat anak. Melalui pembelajaran yang berpihak pada murid.
- Kemudian terwujudnya profil pelajar Pancasila yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan Global, bernalar kritis, dan kreatif.
- Serta murid mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
Kemudian perlu adanya rancangan strategi perubahan kearah yang lebih baik, dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki, demi mewujudkan mimpi diantaranya;
- melakukan perubahan mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil
- menambah kapabilitas diri dengan terus belajar mencari pengalaman dan melakukan studi literasi
- kemudian berupaya menggerakkan orang lain terutama yang berada di lingkungan sekolah seperti itu teman sejawat demi mewujudkan pencapaian tujuan bersama
- mengelola perubahan positif dalam percapaian Visi dengan menerapkan metode inquiry apresiatif dengan tahapan BAGJA
- serta melakukan kolaborasi dan melibatkan lingkungan sekitar dalam melakukan perubahan untuk pencapaian visi
Rumusan Visi Guru Penggerak dan Kanvas BAGJA
Rumusan Visi Guru Penggerak
Terwujudnya Peserta Didik yang Berprestasi dan Berprofil Pelajar Pancasila
Prakarsa Perubahan
Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Materi Pelajaran Matematika
Kanvas Atap
Tahapan | Deskripsi |
---|---|
A | Pada awalnya murid sering mengalami kesulitan dalam memahami setiap materi yang saya sampaikan. Padahal materi sudah disampaikan dengan santai dan bahasa yang mudah dipahami. |
T |
|
A |
|
P | Perubahan yang diharapkan nanti murid menjadi lebih fokus dalam pembelajaran, mampu memahami materi yang disampaikan. Sehingga nanti akan meningkatkan hasil belajar mereka |
Kanvas BAGJA
Tahapan | Pertanyaan | Tindakan |
---|---|---|
Buat Pertanyaan (Define) |
|
|
Ambli Pelajaran (Discover) |
|
|
Gali Mimpi (Dream) |
|
|
Jabarkan Rencana (Design) |
|
|
Atur Eksekusi (Deliver) |
|
|
Demikianlah pembahasan mengenai keterkaitan antar materi modul 1.3 visi guru banyak terima kasih dan salam guru penggerak.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته