Ruang Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi
2.1.a.5 Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1
Sebagai upaya untuk memahami Modul 2.1.A. Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Peserta melakukan refleksi kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.
Kegiatan refleksi dilakukan terhadap contoh skenario pembelajaran yang telah diberikan. CGP diberikan kesempatan untuk berdiskusi baik dengan fasilitator maupun dengan sesama CGP.
CGP diberikan kesempatan diskusi dengan sesama rekan CGP yang mengajar pada jenjang yang sama, misalkan sesama guru TK/PAUD, SD, SMP, SMA, ataupun sesama guru SMK.
Bersama rekan kelompoknya CGP akan diminta untuk menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam. Setiap kelompok hanya akan menganalisis satu skenario pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:
- Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut?
- Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
- Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
- Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
Join the conversation