Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2 - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


Modul 3.2 membahas materi Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Calon guru penggerak melaksanakan kegiatan pelatihan melalui LMS menggungan alur M.E.R.D.E.K.A. Salah satu alurnya ialah Demonstrasi Kontekstual.

Pada demonstrasi kontekstual kali ini CGP disuguhkan sebuah video untuk kemudian melakukan analisis mengikuti pedoman yang ada dalam LMS. CGP menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid.  Dalam menganalisis vide, CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.

s

Gunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu menganalisis video.


Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi dari sekolah dalam video tersebut adalah mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan serta mewujudkan cita-cita peserta didik yang berkarakter profil pelajar pancasila

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam video tersebut adalah membuat kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi murid dalam belajar.

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana mewujudkan kondisi agar murid dapat belajar dengan nyaman dan nyaman di kelas?

Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

Buat Pertanyaan

  • Guru mengajak rekan sejawat untuk merumuskan pertanyaan utama dari prakarsa perubahan yang akan dilakukan
  • Guru menanyakan kepada murid tentang "apa yang muncul di dalam pikiran kalian tentang kata "penyemangat belajar"?"

Ambil Pelajaran

  • Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid. Dengan bertanya "apa yang muncul di dalam pikiran kalian tentang kata "penyemangat belajar"?" dan "apa yang kalian sukai dari kelas ini?"
  • Guru membagi murid menjadi 4 kelompok untuk mengunjungi kelas 2 dan 6 supaya dapat melihat suasana kelas dan diperkenankan bertanya  tentang apa yang disukai oleh siswa dalam kelas.
  • Murid diajak untuk mengambil pelajaran dikelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.

Gali Mimpi

  • Guru meminta murid memejamkan mata dan membayakan kelas yang nyaman dam menyenangkan
  • Murid secara berkelompok berdiskusi tentang kelas impian yang dapat menjadi penyemangat belajar.
  • Murid menggambarkan kelas yang nyaman sesuai dengan yang mereka bayangkan
  • Murid mempresentasikan hasil diskusi untuk menjelaskan kelas idaman kelompok

Jabarkan Rencana

  • Murid diajak berkontribusi untuk menentukan kebutuhan, yakni apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan kelas yang sesuai dengan bayangan mereka atau yang mereka idamkan.

Atur Ekesekusi

  • Murid diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok.
  • Guru dan murid menyepakati waktu pelaksanaan

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Dalam video tersebut guru sebagai pemimpin pembelajaran berperan sebagai MANAJER dengan melakukan peran diantaranya :

Planing : merencanakan

Organizing : membagi tugas

Actuating : menggerakkan

Controling : mengawasi bagaimana pemanfataannya?

Selain itu guru menunjukkan sikap yang berpihak pada murid, berdialog dua arah dalam berdiskusi untuk pengambilan sebuah keputusan

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Modal Manusia : Guru dan murid berkolaborsi untuk menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan

Modal Lingkungan Alam : Memanfaatkan alam untuk menghias kelas, seperti daun, dll

Modal Fisik : Ruang kelas yang ingin diubah menjadi kelas yang menyenangkan

Modal Finansial : Murid menggunakan kertas, lem, dll yang telah disediakan oleh sekolah dan dibeli menggunakan anggaran

Guru telah melibatkan keaktifan dan kreatifitas murid untuk menciptakan suasan belajar sesuai dengan keinginan mereka, serta memamfaatkan lingkungan sekolah. Guru juga telah berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk berdiskusi tentang prakarsa perubahan 


Guru Matematika yang senang ngulik IT. Blog ini bertujuan untuk sharing.

AdBlock Terdeteksi 🚫

Mohon nonaktifkan AdBlock seperti uBlock Origin untuk melanjutkan. Popup ini akan hilang otomatis setelah dimatikan.