Video pembelajaran matematika dan tutorial. Tonton Ya
Posts

Instrumen Angket Diagnosa Gaya Belajar Siswa

Belajar (learning) adalah proses psikologi yang melibatkan interaksi antara indiidu dengan lingkungannya. Dari interaksi tersebut, tumbuhlah perubahan dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap secara permanen. Kecepatan dan keberhasilan seorang siswa dalam belajar dipengaruhi oleh karakteristik masing-masing. Di kalangan pendidik, dikenal tiga karakteristik yang berkaitan dengan gaya belajar. Ada siswa yang mudah mengingat dari apa yang dilihat/diperhatikan. Ini gaya belajar Visual. Ada siswa yang mudah mengingat informasi dari apa yang didengar/diperhatikan. Ini gaya belajar Auditori. Ada siswa yang senang belajar dengan cara mempraktekkannya (kinestetik). Referensi terbaru saya, ternyata ada siswa yang memiliki gaya belajar Read/Write, yaitu yang mudah mengingat informasi dengan cara membaca dan menuliskan informasi yang diperolehnya.

Guru yang baik semestinya memiliki kemampuan untuk memberi layanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, semua dengan bakat minatnya, sesuai pula dengan gaya belajarnya. Ini kemampuan profesional. Terlepas dari era belajar dan mengajar merdeka yang digaungkan oleh Mendikbud Nadhim Makarim, sudah sejak jaman duuuuulllluuuuu kaaallaaaaa hal ini sudah dilakukan oleh guru. Hanya saja, istilah pada jaman itu bukan pembelajaran berdiferensiasi. Masih menggunakan istilah bahasa Indonesia bahkan bahasa daerah. 

Penentuan gaya belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat dilihat berdasarkan kecenderungan gaya belajar Visual, Auditori, Read/Write dan Kinestetik (VARK).  Saya mencoba browsing angket yang bisa mendeteksi gaya belajar siswa. Banyak sekali saya temukan. Saya berencana -kalau belum ada yang membuat- membuat aplikasi sederhana berbasis android yang bisa digunakan untuk mewakili angket kertas. Dan ini sumber-sumber referensi angketnya. 

ANGKET GAYA BELAJAR 


Nama : 

Hari/Tanggal : 

No. Absen : 

Kelas : 

-----------------------------------------------

Petunjuk : 

1. Tulislah Nama dan Nomor Absen anda pada tempat yangdisediakan sebelum mengerjakan soal ini. 

2. Jawablah pertanyaan berikut dengan jujur sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya. 

3. Lingkari jawaban yang menggambarkan dirimu yang sebenarnya. 

--------------------------------------------------


1. Ketika mengoperasikan peralatan baru, saya biasanya: 

a. Membaca petunjuknya terlebih dahulu 

b. Mendengarkan penjelasan dari seseorang yang sudah menggunakan sebelumnya 

c. Saya langsung menggunakannya, saya bisa belajar ketika menggunakannya 


2. Ketika saya membutukan petunjuk arah untuk bepergian, saya biasanya: 

a. Melihat peta 

b. Meminta petunjuk lisan 

c. Mengikuti kehendak hati, dan mungkin menggunakan kompas


3. Ketika saya memasak menu baru, saya suka: 

a. Mengikuti resep tertulis 

b. Meminta penjelasan pada seorang teman 

c. Mengikuti insting, saya mencicipi ketika sedang memasak 


4. Ketika mengajarkan hal baru pada seseorang, saya cenderung: 

a. Menuliskan instruksi untuk mereka 

b. Memberikan penjelasan lisan 

c. Memperagakan terlebih dahulu dan kemuadian mempraktikkannya 


5. Saya cenderung mengatakan: 

a. Lihat bagaimana saya melakukannya 

b. Dengarkan penjelasan saya 

c. Silahkan kerjakan 


6. Selama waktu luang, saya paling suka: 

a. Pergi ke perpustakaan 

b. Mendengarkan musik dan berbincang-bincang dengan teman saya 

c. Berolahraga atau mengerjakan apa saja


7. Ketika saya berbelanja, saya cenderung: 

a. Membayangkan seperti apa pakaian itu jika dikenakan 

b. Membicarakan dengan pegawai toko 

c. Mencobanya langsung dan memutuskannya 


8. Ketika saya memilih hiburan, saya biasanya: 

a. Membaca berbagai brosur 

b. Mendengarkan anjuran teman 

c. Membayangkan akan seperti apa disana 


9. Jika saya membeli mobil baru, saya akan: 

a. Membaca ulasan dalam koran dan majalah 

b. Membicarakan apa yang saya butuhkan dengan teman saya 

c. Mencoba berbagai mobil yang berbeda jenisnya 


10. Ketika mempelajari keterampilan baru, saya paling senang: 

a. Melihat yang dilakukan oleh guru 

b. Membicarakannya dengan guru tentang hal yang seharusnya saya lakukan 

c. Mencoba sendiri dan mengerjakan sesudahnya 


11. Ketika memilih makanan dari menu, saya cenderung: 

a. Membayangkan wujud makanan itu 

b. Mendiskusikan pilihan menu sendiri atau dengan teman dekat 

c. Membayangkan seperti apa rasa makanan itu


12. Ketika mendengarkan sebuah grup band, saya cenderung: 

a. Memperhatikan anggota band dan penonton lain 

b. Mendengarkan liriknya dan musiknya 

c. Bergerak mengikuti irama 


13. Ketika konsentrasi, saya paling suka: 

a. Fokus pada kata-kata atau gambar di depan saya 

b. Mendiskusikan masalah dan penyelesaiannya yang mungkin dalam pikiran 

c. Banyak bergerak, menggesek-gesekkan pensil, atau menyentuh sesuatu 

14. Saya memilih perlengkapan rumah tangga karena saya suka: 

a. Warna dan bagaimana penampilannya 

b. Penjelasan dari sales 

c. Teksturnya dan bagaimana rasanya ketika menyentuhnya 


15. Ingatan pertama saya adalah: 

a. Melihat sesuatu 

b. Mendengarkan sesuatu 

c. Melakukan sesuatu 


16. Ketika saya cemas, saya akan:

a. Memvisualkan skenario terburuk 

b. Banyak bicara dalam hati tentang apa yang paling saya khawatirkan 

c. Tidak nisa duduk tenang, terus menerus berkeliling, dan memegang sesuatu 


17. Saya merasa secara khusus terhubung dengan orang lain karena: 

a. Bagaimana dia tampak 

b. Apa yang mereka katakan pada saya 

c. Bagaimana mereka membuat saya berperasaan 


18. Ketika saya harus memperbaiki ujian, saya umumnya: 

a. Menulis banyak catatan revisi dan diagram 

b. Membahas catatan saya, sendiri atau dengan orang lain 

c. Membayangkan membuat gerakan atau menciptakan rumus 


19. Jika saya menjelaskan kepada seseorang, saya cenderung: 

a. Menunjukkan kepada mereka apa yang saya maksud 

b. Menjelaskan kepada mereka dengan berbagai cara agar mereka mengerti 

c. Mendorong mereka untuk mencoba dan menyampaikan ide saya ketika mereka mengerjakan


20. Saya benar-benar suka: 

a. Menonton televisi, fotografi, melihat seni atau orang yang sedang menonton 

b. Mendengarkan musik, radio, atau berbincang dengan teman 

c. Berolahraga, makan makanan yang enak, atau menari 


21. Paling banyak waktu luang saya habiskan: 

a. Menonton televisi 

b. Berbincang dengan teman 

c. Melakukan aktivitas fisik atau membuat sesuatu 


22. Jika saya pertama berkenalan dengan orang baru, saya biasanya: 

a. Mengadakan pertemuan tatap muka 

b. Berbincang lewat telepon 

c. Coba bersama-sama sambil mengerjakan sesuatu yang lain, misalnya suatu aktivitas atau makan 


23. Saya pertama-tama memperhatikan bagaimana orang: 

a. Tampak dan berbusana 

b. Suara dan cara berbicara 

c. Berdiri dan bergerak


24. Jika saya marah, saya cenderung: 

a. Terus memikirkannya apa yang membuat saya marah 

b. Mengeraskan suara dan mengatakan kepada orang lain bagaimana perasaan saya 

c. Menghentakkan kaki, membanting pintu an menunjukkan kemarahan saya


25. Saya paling mudah mengingat: 

a. Wajah 

b. Nama 

c. Apa yang telah saya lakukan 


26. Saya berpikir bahwa seseorang berbohong jika: 

a. Dia menghindar dari melihat kita 

b. Suaranya berubah 

c. Dia memberikan banyak cerita lucu 


27. Ketika saya bertemu teman lama: 

a. Saya berkata “sangat sengang bertemu kamu” 

b. Saya berkata “sangat senang mendengar suara kamu” 

c. Saya rangkul atau jabat tangannya 


28. Saya paling mengingat sesuatu dengan: 

a. Menulis catatan atau membiarkan labelnya 

b. Mengatakan dengan suara keras atau mengulang kata kunci dalam pikiran saya 

c. Berlatih adn melakukan aktivitas atau membayangkan aktivitas itu sudah dilakukan 

29. Jika saya mengeluhkan barang-barang yang cacat, saya paling senang: 

a. Menulis surat 

b. Mengeluhkan melalui telepon 

c. Mengembalikan barang tersebut ke tokonya atau melaporkannya ke kantor


30. Saya cenderung mengatakan: 

a. “saya mengerti apa maksud kamu” 

b. “saya mendengar apa yang kamu katakan” 

c. “saya tahu bagaimana perasaan anda” 


31. Ketika merangkai suatu barang, kamu lebih suka:

a. Mengikuti ilustrasi cara merangkainya.

b. Mendengarkan orang membacakan instruksinya untukmu. 

c. Langsung mengerjakannya tanpa mengikuti instruksi. 

32. Jika akan menghadapi ulangan, kamu mudah hafal jika:

a. Membolak-balik buku membaca materi ulangan. 

b. Membaca materi ulangan sambil mengucapkannya keras-keras.

c. Berjalan bolak-balik sambil menghafal. 


33. Saat berbicara, kamu:

a. Berbicara dengan cepat 

b. Berbicara dengan kecepatan sedang 

c. Berbicara dengan kecepatan lambat 


34. Mana yang paling sering terjadi saat di sekolah:

a. Kamu memperhatikan wajah guru saat beliau berbicara/menerangkan.

b. Kamu mendengarkan saja waktu guru menerangkan. 

c. Saat guru menerangkan, tangan kamu tidak bisa diam, memain-mainkan ballpoint. 


35. Di waktu luang, kamu biasanya:

a. Menonton televisi, membaca, mengisi TTS 

b. Mendengarkan radio, mengobrol 

c. Berjalan-jalan, olah raga, hiking 


HITUNGLAH Total Jawaban A, Total Jawaban B  dan Total Jawaban C.

Jika paling banyak menjawab A maka dominasi gaya belajar adalah visual 

Jika paling banyak menjawab B maka dominasi gaya belajar auditorial 

Jika paling banyak menjawab C maka dominasi gaya belajar kinestetik

Apabila skor (a) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar tipe visual. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara melihat sesuatu. Siswa menyukai melihat gambar atau diagram, menonton pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.

Untuk mempermudah dan mempercepat siswa memahami bahan pelajaran atau hal yang lain dipelajari cobalah:mengubah materi pelajaran ke dalam bentuk poster-poster yang mudah dilihat, dengan gambar-gambar yang menarik, grafik, dan warnai seindah mungkin.

Pada siswa yang memilki gaya belajar visual, materi pembelajran sebaiknya dibuatkan dalam bentuk peta konsep, mulai dari tema besar di tengah halaman, menggunakan kata-kata penting, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok, dan lakukan ini dengan gayamu atau keinginan siswa sendiri. Dalam mencatat pelajaran, gunakan tanda-tanda, gambar dan warna untuk menandai hal-hal penting agar dapat dengan mudah dilihat lagi jika kita mempelajarinya di lain waktu.

Untuk membantu mengingat apa yang baru dibaca dan didengar, siswa diminta duduk dengan santai sambil membayangkan dalam pikiran apa yang baru dibaca/didengar, agar siswa lebih paham lagi.

Apabila skor (b) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar ‘auditory’. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. siswa menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat atau berdiskusi. Untuk mempermudah siswa memahami sesuatu (pelajaran atau hal yg lain) cobalah:membaca pelajaran dengan cara baca yang dramatis, seperti pujangga membaca puisi misalnya, atau seperti skenario, bahkan cobalah menyanyikannya dengan irama iklan atau rap. Merangkum pelajaran untuk diucapkan dengan lantang, atau bahkan merekamnya dalam kaset, diselingi plesetan atau hal lain,dan memutarnya dengan walkman sepanjang perjalanan kita ke sekolah.

Saat membacakan dengan lantang, perhatikan intonasi, penekanan khusus, coba berbisik, dan coba juga sambil memejamkan mata untuk belajar membayangkan apa yang sedang dibacakan, sehingga secara tidak langsung kita telah mengaktifkan pula daya visual kita dalam belajar.

Apabila skor (c) yang menonjol ini berarti gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar tipe Kinestetik: Hal ini berarti siswa cenderung belajar melalui aktivitas fisik dan melibatkan diri langsung. Siswa  suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu, melakukan olah tubuh.Untuk mempercepat dan mempermudahmu memahami sesuatu (pelajaran atau lainnya, cobalah:

Siswa yang memiliki gaya belajar tipe Kinestetik, cobalah belajar sambil berjalan-jalan. Setiap kali membaca atau mendengarkan seseorang berbicara, bangkitlah untuk sedikit bergerak setiap 20-30 menit sekali. Coba belajar dalam kelompok untuk membentuk suasana bermain peran (drama) dari pelajaran yang dibahas.Tulislah kembali point-point penting dari catatan pelajaran ke dalam kartu-kartu yang disusun secara logis. Buatlah semacam percobaan, atau model dari apa yang sedang kamu pelajari. Libatkan tubuh kamu dalam belajar dengan mencoba meniru apa yang dipelajari, atau bahkan meniru gaya-gaya lucu gurumu ketika mengajar agar kamu dapat mengingatnya dengan lebih baik! Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Guru Matematika di sekolah Negeri dan Swasta. Blog ini bertujuan untuk sharing.

Post a Comment

© aans.my.id. All rights reserved.