Video pembelajaran matematika dan tutorial. Tonton Ya

Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik

Tuliskan apa saja perubahan yang didapat Anda terhadap tujuan, refleksi dan umpan balik?

a. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu……...ternyata….

b. Tadinya saya pikir refleksi itu…..ternyata…..

c. Tadinya saya pikir umpan balik itu….ternyata….

jawab

a. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu ditentukan semaunya ternyata penetapan tujuan didasarkan pada target apa yang ingin dicapai pada rentang waktu tertentu. Untuk kemudian merancang strategi dan langkah-langkah yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan. 

b. Tadinya saya pikir refleksi itu sebuah gambaran kondisi akhir yang dialami setelah melaksanakan kegiatan, atau sebuah resume kegiatan. Ternyata refleksi tentang perasaan dan gambaran kondisi yang diperoleh dari proses perenungan. Didalamnya ada 

c. Tadinya saya pikir umpan balik itu sebuah tindakan mengkritisi ternyata hal positif yang mampu memberikan penguatan


Bagaimana hasil pembelajaran Anda tentang Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik akan Anda gunakan saat lokakarya dan pendampingan individu?

Pendampingan individu dilakukan untuk membantu individu mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman konsep yang diperoleh secara daring dan lokakarya sehingga CGP mampu merefleksi, berbagi dan berkolaborasi. Membantu CGP mencapai kematangan moral, emosional dan spiritual sehingga dapat berprilaku sesuai kode etik. selain itu, membantu CGP juga untukmerencanakan, melaksanakan dan melakukan refleksi pembelajaran yang berpihak murid serta melibatkan orang tua.


Pendampingan dilakukan secara konsisten setiap bulan selama CGPmengikuti PGP dengan tema pendampingan yang berbeda-beda. Kunjungan ini dilakukansebagai bentuk pemantauan terhadap perubahan yang dilakukan CGP dan rencana apalagi yangakan dilakukan CGP untuk menciptakan sekolah yang berpihak pada murid.  Saya  harusmempersiapkan segala bahan yang akan digunakan untuk melakukan pendampingan.


Mengisi rencana penerapan refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan

a. Refleksi

i. Identifikasikan kembali kapan Anda melakukan refleksi bersama CGP?

ii. Apa saja alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya?

b. Umpan Balik

i. Identifikasikan kembali kapan umpan balik digunakan saat lokakarya?

ii. Apa saja metode/cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik?

a. Refleksi

1. Refleksi akan dilakukan bersama dengan CGP dalam dua kegiatan

- pada saat pendampingan dilakukan pada saat akhir sesi pendampingan sedangkan

- pada saat lokakarya refleksi dilakukan setelah kegiatan dilaksanakan

2. Alat bantu yang digunakan adalah stickynote dan lembar refleksi yang berisi pertanyaan-pertanyaan pemandu

b. Umpan balik

1. pada sesi akhir kegiatan lokakarya ditutup dengan kegiatan refleksi sebagai umpan balik dan respon dari para CGP tentang kegiatan lokakarya yang dilaksanakan.

2. metode yang dipakai dalam proses ini  adalah dengan memberikan pertanyaan berbobot dan terbuka untuk mendapatkan beragam respon dari setiap CGP dan menerapkan umpan balik dengan metode EPIK


Post a Comment

© aans.my.id. All rights reserved.