Video pembelajaran matematika dan tutorial. Tonton Ya

Kaidah Pencacahan dalam Peluang


Pengertian Kaidah Pencacahan

Kaidah pencacahan merupakan suatu metode atau aturan yang digunakan untuk menghitung jumlah kemungkinan hasil dari eksperimen acak dengan cara menghitung secara sistematis. Kaidah pencacahan sering digunakan untuk mengatasi kasus-kasus di mana ruang sampel sulit diidentifikasi secara langsung.

Kaidah Dasar Pencacahan

Kaidah pencacahan atau Caunting Slots adalah suatu kaidah yang digunakan untuk menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang terjadi dari suatu peristiwa.

Kaidah pencacahan terdiri atas :

a. Pengisian tempat yang tersedia (Filling Slots),
b. Permutasi, dan
c. Kombinasi.

1. Aturan Perkalian

Jika suatu tindakan dapat dilakukan dengan $m$ cara dan tindakan kedua dapat dilakukan dengan $n$ cara, maka tindakan kedua dapat dilakukan secara bersamaan dengan tindakan pertama sebanyak $m\times n$ cara.

Apabila suatu peristiwa pertama dapat dikerjakan dengan k1 cara yang berbeda, peristiwa kedua dapat dikerjakan dengan k2 yang berbeda dan seterusnya sampai peristiwa ke-n, maka banyaknya cara yang berbeda dari semua peristiwa tersebut adalah K, di mana :

$K=k_{1}\times k_{2} \times k_{3} \times ...\times k_{n}$

K sering disebut dengan istilah banyaknya tempat yang tersedia dengan aturan perkalian atau Kaidah perkalian. Untuk menentukan banyaknya tempat yang tersedia selain menggunakan aturan perkalian, juga menggunakan diagram pohon, tabel silang, dan pasangan berurutan.


Post a Comment

© aans.my.id. All rights reserved.