Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Catatan Hasil Lokakarya 3

Peserta

Lokakarya 3 Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2024 dan dibagi dalam 2 wilayah. Laporan ini dibuat berdasarkan pelaksanaan di Wilayah Timur yang bertempat di UPTD SDN Sumur Kucing, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur. Lokakarya ini diikuti oleh 100 orang Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Lampung Timur yang dibagi menjadi 7 kelas. Saya mendapat tugas untuk mendampingi di ruang 02 bersama Pak Bambang Yuswanto dan Ibu Heni Dahlia. Di runag 02 terdapat 15 CGP hebat yang sangat antusias untuk mengikuti Lokakarya 3.

 


Aktivitas pembelajaran

Pembukaan

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Pak Bambang Yuswanto dengan salam, berdoa bersama, dan Ice Breaking.

 

Penyampaian Tujuan Lokakarya 3

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian tujuan lokakarya. Adapun tujuan Lokakarya 3, yaitu:

1.       Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi.

2.       Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mengenai mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar.

3.       Calon Guru Penggerak merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

 

Penyampaian Agenda Lokakarya 3

Dilanjutkan dengan penyampaian Agenda lokakarya 3, yaitu:

1.       Pembukaan

2.       Simulasi pembelajaran berdiferensiasi.

3.       Praktik mindfulness.

4.       Praktik integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran.

5.       Membuat rencana berbagi pengalaman belajar konsep pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

6.       Penutup.

 

Membuat Kesepakatan Kelas

Agar kelas berjalan kondusif, maka peserta bersama Pengajar Praktik (PP) membuat kesepakatan kelas. Adapun kesepakatan kelas yang disusun, yaitu:

1.       Hadir tepat waktu

2.       Menghargai sesama peserta dan pengajar praktik

3.       Berpartisipasi aktif

4.       Fokus pada sesi belajar

5.       Bergembira

6.       Menjaga Kebersihan

7.       Merapikan Kembali


Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi

Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Setiap kelompok berdiskusi tentang RPP Berdiferensiasi yang telah dibuat. Kemudian disepakati 1 orang untuk tampil mensimulasikan Pembelajaran Berdiferensiasi selama 45 menit. Di setiap kelompok ada 1 orang menjadi observer dan sisanya menjadi siswa. Setelah simulasi, observer memberikan umpan balik berdasarkan hasil pengamatannya.

 

Praktik Mindfulness

Pada sesi ini, peserta diajak melakukan praktik mindfulness, yaitu praktik teknik STOP, latihan mendengar dengan sadar, dan latihan melihat dengan sadar.

 

Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran

Peserta kembali dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok kembali berdiskusi untuk memilih 1 RPP berdiferensiasi untuk diintegrasikan dengan Komponen Kompetensi Sosial Emosional (KSE). Kemudian dipilih 1 orang perwakilan untuk mensimulasikan RPP yang telah dirancang. 1 orang perwakilan setiap kelompok yang lain menjadi observer dan sisanya menjadi siswa. Setelah selesai simulasi, observer memberikan umpan balik berdasarkan hasil pengamatannya.


Membuat Rencana Berbagi Pengalaman Belajar Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kompetensi Sosial Emosional

Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Setiap kelompok berdiskusi tentang rencana berbagi pengalaman belajar konsep pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.


Penutup

Lokakarya ditutup dengan doa bersama.


Produk yang dihasilkan

Adapun produk yang dihasilkan dalam lokakarya 3 ini yaitu:

1.       Hasil refleksi dari simulasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

2.       Hasil refleksi dari Praktik mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar.

3.       Strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional

 

Ketercapaian Tujuan Belajar

Dalam Lokakarya 3, semua peserta telah mencapai tujuan pembelajaran. CGP yakin bahwa pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. CGP menghasilkan strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional. CGP menghasilkan strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

 

Kesimpulan dan Refleksi pembelajaran

Lokakarya 3 telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan agenda yang telah ditetapkan. Saya selaku PP merasa senang karena telah dapat mendampingi CGP melalui semua rangkaian Lokakarya 3. Semoga hal yang sama juga terjadi di Lokakarya 4.

Guru Matematika yang senang ngulik IT. Blog ini bertujuan untuk sharing.

AdBlock Terdeteksi 🚫

Mohon nonaktifkan AdBlock seperti uBlock Origin untuk melanjutkan. Popup ini akan hilang otomatis setelah dimatikan.