Video pembelajaran matematika dan tutorial. Tonton Ya

Catatan Hasil Lokakarya 6 Lampung Timur



Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 10 Provinsi Lampung, khususnya PGP Angkatan 10 Kabupaten Lampung Timur melaksanakan Lokakarya 6 di tahap 2. Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkata 10 Kab. Lampung Timur dilaksanakan pada 19 Oktober 2024 di SMA Islam Terpadu Baitul Muslim, Kec. Labuhan Ratu. Kegiatan Lokakarya dihadiri oleh Tim BGP Provinsi Lampung, 41 Pengajar Praktik, dan 203 Calon Guru Penggerak angkatan 10.

Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 6

Seperti lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 10 dilaksanakan diruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 14 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh 14 – 15 CGP dan 3 orang PP. Saya sendiri tergabung di Ruang I bersama dengan Ibu Siti Rohaela dan Ibu Astuti.

Agenda kegiatan di Lokakarya 6 yang bertemakan “Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah  “ terbagi secara garis dalam 7 kegiatan/sesi.

1. Pembukaan

2. Berbagi Tujuan Program

3. Rencana Pengembangan Sekolah

4. Dimana Saya Sekarang?

5. Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan

6. Rencana Penguatan Kompetensi Diri

7. Tindak Lanjut dan Penutup

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 6  adalah :

1) Peserta menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah;

2) Peserta dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung sekolah;

3) Peserta dapat Menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung program sekolah.

Kegiatan awal di Ruang I dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjukan Mars Guru Penggerak, kemudian penajar praktik membuka kegiatan dengan menyampaikan tujuan sesi, dimana:

1) CGP dapat menciptakan koneksi dengan peserta lainnya dan PP;

2) CGP dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP serta Ice Breaking yang dikemas sedemikian rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.




Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang:

1. Hadir tepat waktu
2. Menghargai pendapat peserta lain (semua pendapat dan pertanyaan berharga)
3. Penggunaan telepon genggam hanya saat di luar kelas - aktifkan mode diam (silent mode)
4. Berpartisipasi aktif dalam diskusi
5. Menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekitar tempat lokakarya
6. Mengembalikan perlengkapan yang disediakan ke tempat perlengkapan

Sesi 1

Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 1. Produk yang dihasilkan

1) Rencana kerja pengembangan sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Ekseskuisi); 

2) Hasil Identifikasi kekuatan diri;

3) Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

PP menayangkan slide PPT, bagaimana alur ketentuan Diskusi Hasil Aksi Nyata tahapan J dan A tersebut.

Sesi 2.

Memasuki sesi 2 yaitu berbagi tujuan pengembagan sekolah dengan tujuan sesi peserta berbagi hasil tujuan program pengembangan sekolah hasil pelibatan warga sekolah dengan kegiatan masing-masing CGP memvisualisasikan tujuan program sekolah kedalam kertas plano, dimana isinya adalah tujuan program sekolah satu tahun kedepan, mimpi CGP satu tahun kedepan. Murid seperti apa yang CGP bayangkan?, Kepala Sekolah dan Guru-gurunya akan seperti apa?; Lingkungan Belajar sekolahnya seperti apa?; Warga Sekolahnya (termasuk orang tua) akan seperti apa?. Para CGP untuk berbagi program ke rekan lainnya yang masing-masing di b eri waktu 5 menit sudah termasuk pemberian tanggapan dan tanya jawab. Peserta antusias dan bersemangat dalam berbagi.



Sesi 3

Sesi selanjutnya yaitu Sesi 3 : Menyusun rencana pengembangan.  Tujuan sesi ini adalah: CGP dapat Menyusun rencana pengembangan sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan rencana dan Atur Eksekusi).

Aktivitas para CGP adalah

1) Membuat rencana Program Sekolah ;

2) Memberi umpan balik. Tepat pukul 12.00 sd 13.00 para peserta beristirahat untuk melaksanakan shalat Dhuhur.

Sesi 4

Setelah beristirahat kurang lebih 60 menit peserta melanjutkan dengan sesi 4 Dimana saya sekarang dengan tujuan sesi CGP dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah yang sudah direncanakan. Identifikasi Kekuatan diri dengan mengisi Lembar Kerja 1 yang berisi 

1) Kekuatan diri ( Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri CGP untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGPJelaskan!) dan 

2) Pengembangan kompetensi (Apa kompetensi yang masih perlu CGP kuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP?). Seara berpasangan (dua atau 3 orang ) CGP berbagi cerita tentang posisi dirinya.

Sesi 5

Memasuki sesi 5: Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan dengan tujuan  sesi CGP dapat memetic pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan. Siklus Rencana aksi dan refleksi dengan alur: 

1) Rencana (Langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian diwujudkan dalam aksi); 

2) Aksi (bergerak atau Tindakan melakukan sesuatu); 

3) Refleksi/Ambil Pelajaran ( Proses merenungkan dan memetic pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan dating).

Sesi 6

Memasuki sesi 6: rencana Penguatan Kompetensi Diri dengan tujuan sesi : CGP merumuskan rencana penguatan kompetensi diri yang mendukung program sekolah. Alur membuat rencana penguatan kompetensi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

a)    Apa kompetnsi yang anda kuatkan?

b)    Apa indicator keberhasilannya (dikatakn berhasil jika…)

c)    Apa aktivitas yang akan dilakukan?

d)    Kapan waktu/perode pelaksanaan?

e)    Apa sumber daya/dukungan yang diperlukan?

f)   Bagaimana Anda melakukan refleksi terhadap rencana pengembangan diri Anda? Kapan?

Kegiatan tersebut dituangkan dalam Lembar Kerja (LK) 2 : rencana Penguatan Kompetensi Diri. Semua CGP menuangkannya dalam LK 2 tersebut.

Sesi 7

Di sesi 7: Tindak lanjut dan Penutup dengan tujuan sesi :

1) CGP mengevaluasi dan memetic pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya; 

2) CGP mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan datang. Dengan kerta post-it yang dibagikan PP, para CGP menuliskan Hari ini saya belajar …..

Setelah sesi 7, PP bersama CGP menyimpulkan dan tindak lanjut kegiatan. PP mengingatkan para CGP: 

1) program sekolah dicetak untuk ditampilkan saat Panen Hasi Belajar (berisi maksimal 9 slide sesuai kreativitas CGP); 

2) Foto/pster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih salah satu yang menurut CGP paling berkesan;

3) Tiap satu kelompok PP pilih 1 orang CGP untuk berbagi pada lokakarya tujuh. PP mengingatkan juga kepada CGP untuk melakukan penilaian kinerja Pengajar Praktik (PP) di LMS masing-masing

Download Laporan
Views
Guru Matematika di sekolah Negeri dan Swasta. Blog ini bertujuan untuk sharing.

Post a Comment

© aans.my.id. All rights reserved.